Seperti yang kita ketahui Coca-cola dan Pepsi merupakan dua perusahaan besar yang bersaing ketat. Pada postingan kali ini, saya akan mecoba menganalisis SWOT dari masing-masing perusahaan
COCA-COLA
Strength (Kekuatan) :
- Coca-Cola merupakan perusahaan minuman berkarbonat terbesar di dunia dan memiliki pangsa pasar yang luas
- Kesetiaan konsumen terhadap produk coca-cola
- Coca-cola memperoleh pendapatan besar dari tiga segments, yaitu Amerika latin, Asia tenggara, dan Pacific RIM and Bottling Investments.
- Kondisi keuangan Coca-Cola cenderung stabil, karena coca-cola terfokus hanya pada minuman, berbeda dengan pesaingnya pepsico yang ang menggunakan strategi diferensiasi produk dengan melakukan deversifikasi produk pada usahanya. Dengan adanya krisis ekonomi global tersebut kondisi keuangan pepsi menjadi tidak stabil.
- Pemasaran coca-cola dinilai terlalu kuno
- Inovasi yang kurang cepat, dan hanya terfokus pada produk yang telah menjadi keunggulan selama bertahun-yahun
- Kinerja lamban di Amerika Utara, kinerja lamban di Amerika Utara dapat mempengaruhi prospek pertumbuhan masa depan perusahaan
- Penurunan Kas dari Aktivitas pengoperasian
- Akuisisi
- Meningkatnya populasi hispanik di Amerika
- Meningkatnya pasar air minum dalam kemasan (botol)
- Banyaknya saingan dari perusahaan sejenis
- Adanya isu zat berbahaya pada coca cola
- Adanya gerakan anti barat dalam masyarakat tertentu
PEPSI
Strengths
- Image perusahaan
- Kesadaran akan kualitas
- Hubungan dengan franchise terkemuka
- Keanekaragaman Produk
- Sponsor
- Penurunan rasa
- Political Franchise
- Distribusi lemah
- Low Knowledge Consumer
- Masalah finansial
- Produk yang beranekaragam membuat perusahaan kurang terfokus dan membuat finansial anjlok
- Peningkatan jumlah penduduk
- Tren sosial yang sedang berubah
- Diversifikasi
- Pendistribusian makanan ringan
- mitators
- Government Regulation
- Non-Carbonated and other Competitor·s Substitut
- Corporation·s Shortage problemThreat of Labor Strikes
- Threat of labor strikes